Forum Diskusi Terpumpun Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Banjarnegara untuk Jenjang Sekolah Dasar

Forum Diskusi Terpumpun Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Banjarnegara untuk Jenjang Sekolah Dasar

Banjarnegara – Dalam upaya menggali potensi keunikan dan kekayaan budaya lokal, Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Banjarnegara mengadakan Forum Diskusi Terpumpun terkait pengembangan Kurikulum Muatan Lokal (07/10/2024). Acara ini berlangsung di Lantai 3 Gedung Dindikpora Banjarnegara.

Heling Suhono, S.Pd., Kepala Bidang Sekolah Dasar, menyampaikan bahwa program Muatan Lokal (Mulok) bertujuan untuk memperkenalkan potensi lingkungan, sosial, dan budaya lokal kepada peserta didik. "Mulok ini bertujuan agar peserta didik memahami potensi yang ada di daerahnya," jelas Heling dalam laporan kegiatannya.

Kepala Dindikpora Banjarnegara, Teguh Handoko, S.Sos., membuka acara dan menekankan pentingnya merumuskan konten Mulok yang bermanfaat bagi peserta didik dan masyarakat luas, Kepala Dindikpora juga memberikan materi mengenai Dawet Ayu, yang merupakan ikon Banjarnegara dan menjadi salah satu bahan ajar Mulok kabupaten.

Acara ini diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari para pendidik, budayawan, dan kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Diharapkan melalui diskusi ini, potensi lokal Banjarnegara dapat lebih tergali dan kekayaan budaya lokal bisa di lestarikan.