Penanganan Anak Tidak Sekolah Kab Banjarnegara, Tim Kunjungi Rumahnya Ajak Anak Kembali Bersekolah

Penangan Anak Tidak Sekolah ( ATS ) Kabupaten Banjarnegara , Tim Kunjungi Rumah Orang Tua dan Ajak Anak kembali Bersekolah

Banjarnegara - Pemerintah Kabupaten Banjarnegara cukup serius malakukuan penanganan masalah Anak Tidak Sekolah (ATS) di Empat desa yang akan menjadi lokus penanganan ATS tahun 2024 ini di antaranya Desa Petir, Desa Mertasari, Desa Pucungbedug dan Desa Bandingan Kecamatan Rakit.

Tim Penangana ATS kabupaten Banjarnegara yang terdiri dari Staff Ahli Bidang pemerintahan dan Kesra, Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga , Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Sosial pemberdayaan perempuandan Perlindungan Anak, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementrian Agama, Camat Purwanegara, Oparator Dapodik Dindikpora dan Kepala Desa Merasari hari ini Rabu ( 10/07/2024 ) Mengumpulkan para orang tua di Balai desa Mertasari sekaligus mengunjungi rumahnya untuk mengajak anak untuk kembali bersekolah.

Rombongan dipimpin oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Drs Sila Satria M.Si, Menyampaikan tentang penanganan ATS di Banjarnegara Staff Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesra menangangani masalah ini dengan serius dan terjun langsung menyambangi ke rumah rumah . " Hari ini kita melakukan pertemuan dengan orang tua di balai desa dan lanjut kita menyambangi ke anak anak yang tidak sekolah , di situ kita beri pengertian dan semangat dan Alhamdulillah ada 4 Anak yang sudah berikrar siap kembali bersekolah". Jelas Sila .

Sebelumnya pada Selasa ( 09/07/2024 ) kegiatan yang sama juga dilakukan di desa Bandingan , Sekretaris Dinas Pendidikan , Kepemudaan dan Olaharaga Noviyanto Kusumawijaya AP. yang ikut mengunjungi rumah orang tua anak tidak sekolah menyampaikan akan memberikan arahan mereka untuk kembali ke sekolah , baik sekolah formal ataupun non formal. " kami hadir disini tentu ingin menangani masalah ATS ini agar bisa selesai di Banjarnegara, anak anak ini akan kita arahkan baik ke sekolah formal ataupun non Formal dan nanti kita berikan bantuan". Jelas Sekretaris Dindikpora Banjarnegara.

Data ATS di Kabupaten Banjarnegara saat ini tercatat ada 5729 anak tidak sekolah yang tersebar di 20 kecamatan. Permasalahan pun beragam mulai dari faktor ekonomi , hingga sudah tidak memiliki semangat dan minat untuk belajar.