FMGMP Kab.Banjarnegara Selenggarakan Workshop Berbagi Praktik Baik Bersama Guru Bahasa Indonesia

FMGMP Kabupaten Banjarnegara Selenggarakan Workshop Berbagi Praktik Baik bersama Guru Bahasa Indonesia SMP di Banjarnegara.

Sebanyak 79 Guru Bahasa Indonesia SMP se-Banjarnegara ikuti Workshop Berbagi Praktik Baik MGMP 2024. Workshop ini berfokus pada Analisis Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran, dan Penyusunan Rancangan Penilaian. Workshop dilaksanakan di Aula Diponegoro, Dindikpora Banjarnegara pada Senin, 26 Agustus 2024. Workshop Berbagi Praktik Baik bertujuan untuk mendorong gerak cepat guru dalam menyesuaikan kurikulum pembelajaran.

Ketua MGMP Bahasa Indonesia Kundaru Wahyono dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini diselenggarakan untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka melalui komunitas belajar agar mendorong kapabilitas sekolah dalam pendidikan Bahasa Indonesia.

Seementara Kabid Sekemen Dindikpora Doko Harwanto, S.Pd, MM., dalam kesempatan Membuka Aacara menyatakan "Jika ada perubahan CP maka kita harus menyesuaikan." Capaian Pembelajaran merupakan tujuan dari pembelajaran. Maka perlu telaah dan memahami tujuannya. Setelah itu harus mengetahui apakah tujuan itu tercapai atau tidak melalui alat ukur, yakni asesmen. Karena itulah, CP perlu dicermati perubahannya.

Gerak cepat yang diharapkan dari workshop ini agar perubahan tidak perlu butuh waktu lama untuk diadaptasi. Harapannya, produk yang dihasilkan yakni Modul Ajar, MGMP, Asesmen, dan Pola Pembelajaran yang lebih menyenangkan dapat dipraktekkan di sekolah. "Hadirkan kelas sebagai serpihan surga," pungkasnya.