Dindikpora dan Rutan Kelas IIB Banjarnegara Jalin Kerja Sama Pendidikan Kesetaraan bagi Warga Binaan

Dindikpora dan Rutan Kelas IIB Banjarnegara Jalin Kerja Sama Pendidikan Kesetaraan bagi Warga Binaan.

Banjarnegara – Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Banjarnegara melakukan kerja sama Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Banjarnegara untuk memberikan kesempatan belajar bagi warga binaan yang sedang menjalani masa hukuman. Kerja sama ini berfokus pada pelaksanaan Program Pendidikan Kesetaraan Paket A, B, dan C bagi warga binaan pemasyarakatan.

Program ini diperuntukan bagi warga binaan yang belum menyelesaikan pendidikan di tingkat SD/MI/sederajat, SMP/MTs/sederajat, maupun SMA/MA/sederajat. Melalui program ini, mereka dapat mendaftar dan menjadi peserta didik dalam Program Pendidikan Kesetaraan yang disediakan oleh Dindikpora.

Kabid Pembinaan PAUD dan Pendidikan Masyarakat, Sunarto, S.Pd., M.Pd., menjelaskan bahwa Dindikpora akan menyediakan tenaga pendidik (tutor) dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) serta sarana pendukung mata pelajaran yang diperlukan dalam proses pembelajaran. " Hari ini, kami berkunjung ke Rutan untuk melihat kesiapan dan mensurvei ruangan yang akan digunakan untuk kegiatan belajar warga binaan, kami juga tengah mengumpulkan data warga binaan yang nantinya bisa belajar bersama . Kami berharap, meskipun mereka sedang menjalani masa hukuman, mereka tetap bisa belajar dan menuntut ilmu, sehingga nantinya saat bebas mereka bisa memanfaatkan baik ijazah ataupun ilmu dan ketrampilan yang dimiliki". jelas Kabid Paud Dikmas.

Melalui kerja sama ini, diharapkan hak masyarakat untuk memperoleh pendidikan dapat terpenuhi. Lebih dari itu, setelah menjalani masa hukuman, warga binaan diharapkan dapat memanfaatkan ijazah dan keterampilan yang mereka peroleh sebagai bekal untuk memulai kehidupan baru di masyarakat.