Optimalisasikan Persiapan Pelaksanaan ANBK Sekolah Dasar

Optimalisasikan Persiapan Pelaksanaan ANBK Sekolah Dasar, Dindikpora Melaksanakan Sosialisasi Kebijakan Asesmen Nasional Tahun 2024

Banjarnegara - Dindikpora Banjarnegara melalui Bidang Sekolah Dasar menyelenggarakan Sosialisasi Kebijakan Asesmen Nasional Tahun 2024 untuk mengoptimalkan pelaksanaan ANBK 2024. Kegiatan dilaksanakan pada Senin, 5 Agustus 2024 di Aula Ki Hadjar Dewantara Gedung A Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Banjarnegara. Sosialisasi ini diikuti oleh Pengawas SD, Ketua K3S, dan Proktor ANBK Kecamatan.

Kegiatan dibuka oleh Kabid Sekolah Dasar Heling Suhono, S.Pd. dalam sambutanya menyampaikan pentingnya inovasi dalam pelayanan publik di bidang Pendidikan. "Kita tenaga kependidikan dituntut untuk berinovasi dalam pelayanan publik di bidang pendidikan." dalam kegiatan ini juga ada sosialisasi khususnya berkaitan dengan ANBK. Beberapa topik yang menjadi fokus diantaranya adalah iklim kebhinekaan, kenyamanan, kepemimpinan dan iklim inklusifitas.

Sosialisasi diperlukan dalam mempersiapkan pelaksanaan ANBK Tahun 2024. Sosialisasi ini didasarkan dari evaluasi pelaksanaan ANBK tahun lalu. Harapannya agar kendala-kendala yang terjadi di tahun sebelumnya dapat diatasi. Sehingga ANBK Sekolah Dasar dapat terlaksana dengan maksimal.

Suparto, S.Pd. , Sub Koordinator Kurikulum Sekolah Dasar sebagai narasumber dalam sosialisasi ini menyampaikan adanya rencana transformasi platform SIMUDIK (Sistem Informasi Mutu Pendidikan Sekolah Dasar). " Transformasi ini dilakukan untuk memaksimalkan penggunaan sarana prasarana digital. Contohnya, pengembangan SIMUDIK dalam hal pengawasan satuan pendidikan. Transformasi ini akan memungkin pengawas untuk memonitor secara online melalui SIMUDIK, sehingga pengawasan mutu pendidikan lebih efisien" Jelas Sub Koordinator Kurikulum Sekolah Dasar Dindikpora Banjarnegara.