14 Siswa Banjarnegara Berpartisipasi dalam Lomba FTBI Jenjang SMP Tingkat Provinsi di Jepara

14 Siswa Banjarnegara Berpartisipasi dalam Lomba FTBI Jenjang SMP Tingkat Provinsi di Jepara

 

Jepara – Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI), yang bertujuan melestarikan bahasa Jawa di kalangan generasi muda, saat ini tengah berlangsung untuk jenjang SMP tingkat Provinsi di Jepara, Rabu (16/10/2024), bertempat di Hotel Ono Joglo.

 

Kabupaten Banjarnegara mengirimkan 14 siswa, baik putra maupun putri, untuk berkompetisi di berbagai kategori lomba FTBI. Adapun lomba-lomba tersebut meliputi membaca dan menulis aksara Jawa, mendongeng, berpidato, menulis cerkak, membaca geguritan, nembang macapat, dan komedi tunggal.

 

Kepala Bidang Sekolah Menengah, Doko Harwanto, S.Pd., MM, yang turut hadir di lokasi, memberikan apresiasi kepada para peserta dari Banjarnegara.

 

“ Kami memberikan apresiasi kepada adik-adik kita yang telah tampil dengan baik dan percaya diri. Kami optimis dapat membawa pulang piala juara di beberapa lomba karena peserta dari Banjarnegara telah menampilkan yang terbaik dan sangat membanggakan”.ungkap Doko Harwanto.

 

FTBI 2024 ini diikuti oleh 490 siswa SMP dari berbagai daerah, serta didampingi oleh 140 guru dan 70 pendamping lainnya. Setiap kategori lomba diikuti oleh 35 peserta yang dinilai oleh tiga juri ahli di bidangnya masing-masing.

 

Festival ini diharapkan dapat memupuk kecintaan generasi muda terhadap bahasa dan budaya Jawa, serta menjadi sarana bagi pelestarian warisan lokal yang semakin terkikis oleh perkembangan zaman.