Pendampingan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Jenjang PAUD di Banjarnegara

Pendampingan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Jenjang PAUD di Banjarnegara

Banjarnegara – Dalam rangka mendukung pelaksanaan Program Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal PAUD, menggelar kegiatan pendampingan UKS jenjang PAUD di aula lantai 3 Gedung Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Banjarnegara pada Selasa (15/10/2024).

Kegiatan ini diawali dengan laporan penyelenggaraan yang disampaikan oleh Djayeng Baskoro, Widyaprada Ahli Utama sekaligus Koordinator Tim Pendampingan UKS Kabupaten Banjarnegara. Djayeng menekankan pentingnya pendampingan ini untuk mengidentifikasi dan mengatasi berbagai kendala terkait kesehatan lingkungan sekolah dan pencegahan tindak kekerasan di lingkungan PAUD.

“Dengan adanya pendampingan ini, diharapkan sejumlah permasalahan yang muncul dapat didiskusikan, baik terkait kesehatan lingkungan sekolah maupun upaya pencegahan kekerasan di lingkungan sekolah,” jelas Djayeng.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Banjarnegara, Noviyanto Kusumawijaya, AP. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa kesehatan merupakan tanggung jawab bersama. "Kami berharap pendampingan ini dapat berdampak pada optimalisasi kegiatan belajar di lingkungan PAUD dan tentunya membawa manfaat yang baik ke depannya," ujar Noviyanto.

Acara ini diikuti oleh 10 perwakilan Pusat Kegiatan Gugus PAUD, 3 pengawas/penilik PAUD, 2 perwakilan TP PKK, 5 perwakilan administrasi mitra, serta 50 peserta dari satuan PAUD.

Kegiatan ini menjadi bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan kesejahteraan anak-anak di lingkungan PAUD melalui penguatan peran UKS, sehingga mampu menciptakan lingkungan belajar yang sehat dan aman.