Kepala Dindikpora Banjarnegara Lepas Peserta Lomba Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI)

Kepala Dindikpora Banjarnegara Lepas Peserta Lomba Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) SD dan SMP ke Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024

Banjarnegara – Sebanyak 28 siswa berprestasi dari Banjarnegara dilepas oleh Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Banjarnegara untuk mengikuti Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Acara pelepasan ini berlangsung pada Senin (14/10/2024), di mana Kepala Dindikpora memberikan semangat dan pesan kepada para peserta agar percaya diri dan menunjukkan kemampuan terbaik mereka.

“Kami berharap para peserta lomba dapat menunjukkan kemampuan terbaik saat bertanding nanti. Harus percaya diri, dan semoga semuanya dapat meraih juara hingga ke tingkat nasional,” ungkap Kepala Dindikpora Banjarnegara.

Festival Tunas Bahasa Ibu bertujuan melestarikan bahasa Jawa, khususnya di kalangan generasi muda, terutama siswa SD dan SMP. FTBI juga menjadi media apresiasi bagi para peserta program Revitalisasi Bahasa Daerah. Selain berkompetisi, para peserta diharapkan dapat bersosialisasi, bersilaturahmi, bergembira, dan bangga menggunakan bahasa daerah mereka.

Lomba Festival Tunas Bahasa Ibu jenjang SMP tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024 akan berlangsung di Jepara pada 15—17 Oktober 2024, sementara jenjang SD akan dilaksanakan pada 22—24 Oktober 2024. Pembukaan FTBI 2024 untuk kedua jenjang ini akan diselenggarakan di Gedung Wanita, Kabupaten Jepara.