Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Jenjang SMP Sukses Digelar

Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Jenjang SMP Sukses Digelar

Banjarnegara, Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) jenjang SMP sukses dilaksanakan di SMP Negeri 2 Wanadadi Banjarnegara pada Kamis (03/10/2024). Acara ini diawali dengan laporan dari Ketua Panitia, Rita Khotijah, S.Pd., yang menjelaskan bahwa tujuan dari festival ini adalah melestarikan bahasa mengembangkan minat, bakat, potensi, dan kreativitas siswa, serta meningkatkan literasi, numerasi.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan minat, bakat, potensi, dan kreativitas siswa, serta meningkatkan literasi, numerasi, dan penguatan profil Pelajar Pancasila,” ujar Rita.

Festival ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Banjarnegara, Teguh Handoko, S.Sos. Dalam sambutannya, Teguh memberikan apresiasi kepada para peserta dan mendorong mereka untuk menampilkan kemampuan terbaik.

“Kami bangga atas partisipasi dalam pelestarian bahasa Jawa . Ini adalah langkah nyata untuk melestarikan budaya sekaligus menyaring yang terbaik untuk mewakili Banjarnegara di FTBI tingkat provinsi,” kata Teguh.

Festival ini memperlombakan berbagai kategori, seperti berpidato, mendongeng, menulis cerkak, menulis dan membaca aksara Jawa, nembang macapat, maca geguritan, dan komedi tunggal. Sebanyak 438 siswa turut serta dalam kompetisi ini, baik dari kategori putra maupun putri.

Dengan antusiasme yang tinggi, acara ini diharapkan mampu menjadi ajang pengembangan bakat siswa sekaligus menjaga warisan budaya lokal.