Pendampingan Penganggaran Pemerintah Daerah Tahap 1 di Banjarnegara: Upaya Capai Target Anggaran Pen

Pendampingan Penganggaran Pemerintah Daerah Tahap 1 di Banjarnegara: Upaya Capai Target Anggaran Pendidikan

Banjarnegara — Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Banjarnegara, bekerja sama dengan Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP), menggelar Pendampingan Penganggaran Pemerintah Daerah Tahap 1. Acara ini bertujuan untuk memastikan anggaran pendidikan di Banjarnegara memenuhi target minimal 10 persen sesuai ketentuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Kegiatan tersebut berlangsung di Pikasto Madukara pada Rabu (25/09/2024) dan diikuti oleh berbagai pihak terkait, termasuk Koordinator Standar Pelayanan Minimal (SPM) dari Sekretariat Daerah, Baperlitbang, BPPKAD, Inspektorat, serta empat bidang dari Dindikpora Banjarnegara.

Acara dibuka oleh Kepala Bidang PTK Dindikpora Banjarnegara, Sujadi, S.Pd., M.M., yang dalam sambutannya menekankan pentingnya pendampingan ini dalam proses penyusunan anggaran. “Kami mewakili Kepala Dinas yang sedang bertugas, ingin menyampaikan betapa pentingnya kegiatan ini. Dengan adanya pendampingan ini, diharapkan anggaran pendidikan di Banjarnegara bisa memenuhi target sesuai angka yang telah ditentukan,” jelas Sujadi.

Hadir sebagai narasumber utama dalam kegiatan ini, Wali Wilayah BBPMP Banjarnegara, Dra. Febri Hartanti Purbaningrum, M.Pd menekankan pentingnya penyusunan anggaran berbasis data, khususnya dari rapor pendidikan. Ia juga menggarisbawahi bahwa evaluasi terhadap proporsi anggaran sangat diperlukan, mengingat pemenuhan SPM saat ini baru mencapai 4,7 persen.

Dengan pendampingan ini, diharapkan penyusunan anggaran pendidikan di Banjarnegara dapat lebih tepat sasaran dan mampu memenuhi standar minimal yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.