Optimalisasi Fungsi ULD dan Sosialisasi Pencegahan Kekerasan di Satuan Pendidikan

Optimalisasi Fungsi ULD dan Sosialisasi Pencegahan Kekerasan di Satuan Pendidikan

Dalam upaya meningkatkan kompetensi guru, kepala sekolah, dan pengawas mengenai Unit Layanan Disabilitas (ULD) serta advokasi pencegahan perundungan, kekerasan, dan intoleransi, Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Banjarnegara menggelar kegiatan optimalisasi fungsi ULD.

Kegiatan berlangsung di Gedung PGRI Banjarnegara pada Kamis (19/09/2024), diikuti oleh 71 peserta. Acara dibuka oleh Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dindikpora Banjarnegara, Noviyanto Kusumawijaya, AP. Dalam sambutannya, Noviyanto berharap kegiatan ini dapat memaksimalkan fungsi ULD serta membantu pencegahan dan penanganan kekerasan di satuan pendidikan.

"Kami harap kegiatan bisa menjadi optimalisasi fungsi ULD sekaligus untuk pencegahan dan penanganan kekerasan di satuan pendidikan," jelasnya.

sementara Dra. Febri Hartanti Purbaningrum, M.Pd., selaku Wali Wilayah Banjarnegara dari Balai Besar Penjamin Mutu Pendidikan (BBPMP), hadir sebagai narasumber pada kegiatan hari ini . Dalam paparannya, ia menyampaikan pentingnya kewaspadaan terhadap tindak kekerasan di lingkungan pendidikan.

"Adanya tindak kekerasan di satuan pendidikan harus diantisipasi dan dicegah agar tidak terjadi, karena dampaknya dapat menimbulkan trauma yang mendalam," tegas Febri.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan seluruh elemen pendidikan di Banjarnegara semakin sigap dalam menangani isu kekerasan dan mendukung hak-hak siswa penyandang disabilitas.