Bupati Kembali Lantik Kepala Sekolah

BANJARNEGARA-Bupati Banjarnegara Sutedjo kembali melantik 77 Kepala Sekolah SD, 5 Kepala Sekolah SMP dan satu Kepala Sekolah SMK, pelantikan dilaksanakan di Pendapa Dipayudha Adhigraha Kamis (8/7). Selain pelantikan pada kesempatan tersebut juga diserahkan SK Mutasi PNS di lingkungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Banjarnegara Titho Agus Wigono mengatakan Kepala Sekolah yang dilantik akan memangku jabatan selama 4 tahun kedepan dan dalam perjalannya akan diadakan evaluasi kinerja.

“Bagi mereka yang menunjukkan kinerja yang bagus dapat dipertimbangkan diberikan kepercayaan untuk perpanjangan kedua, namun apabila dari hasil evaluasi ternyata hasilnya tidak baik tidak akan diberikan kesempatan untuk memangku jabatan periode berikutnya,” kata Titho.

Bupati Sutedjo pada kesempatan tersebut meminta kepada kepala sekolah untuk memahami tugas pokok, fungsi dan kewenangannya.

“Koordinasi juga dengan kepala sekolah yang lama terutama kekuatan dan kelemahan sekolah agar bisa  segera dikembangkan,” kata Sutedjo.

Terkait kendala di bidang pendidikan Bupat Sutedjo menambahkan, saat ini dunia pendidikan dihadapkan kepada persoalan semakin tingginya jumlah kekurangan tenaga guru, tenaga administrasi sekolah dan tenaga penjaga sekolah.

Selain kebijakan pemerintah pusat yang tidak lagi menambah CPNS, kendala geografis Banjarnegara yang luas dan bergunung-gunung serta sebaran sekolah yang menyebar dari lokasi yang mudah sampai yang cukup sulit membutuhkan suatu pengelolaan yang tepat dalam pendistribusian tenaga guru.

“Saya mengharapkan upaya mutasi PNS yang dilakukan saat ini bisa saudara maklumi sebagai upaya penyegaran dan untuk mencukupi kebutuhan tenaga disetiap sekolah,” lanjutnya.

“Meski banyak kendala di dunia pendidikan namun saya yakin semua permasalahan dan hambatan dapat diatasi bila ada kerjasama pemerintah, pengelola pendidikan dan masyarakat,” jelasnya. (**anhar)
sumber: banjarnegarakab.go.id