1063 Peserta Pendidiknan Non-Formal Hari Ini Terima Ijazah, Ada Tangis Haru di Pendopo Banjarnegara

1063 Peserta Pendidiknan Non-Formal Hari ini terima Ijazah, Ada Tangis Haru di Pendopo Banjarnegara.

Banjarnegara - Sebanyak 1063 lulusan pendidikan Non-Formal hari ini Rabu ( 03/07/2024 ) menerima Ijazah . Rincian lulusan terdiri dari Kejar Paket A sebanyak 143 Orang, Paket B sebanyak 351 Orang dan Kejar Paket C sebanyak 569 Orang.

Acara yang berlangsung di Pendopo Dipayuda Adigraha di awali dengan sambutan dan Laporan penyelenggaraan kegiatan olah Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Teguh Handoko S.Sos. Dalam Sambutanya Kepala Dindikpora Pentingnya pendidikan non-formal terletak pada kemampuannya untuk mengembangkan potensi diri dan masyarakat secara holistik.

" Pendidikan non-formal teramat penting perannya dalam rangka upaya percepatan peningkatan RLS. RLS Kabupaten Banjarnegara masih 6,86 % di tahun 2023. Karena perhitungan RLS adalah penduduk dengan usia 25 tahun keatas, maka pendidikan non-formal menjadi solusi yang paling tepat dan cepat". Jelas Kepala Dindikpora

Dalam acara penyerahan Ijazah kepala Dindikpora juga menyampaikan program pendidikan non-formal yang diadakan oleh Dinas Pendidikan telah mencapai banyak prestasi yang di antaranya telah berhasil meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka melalui program-program dan berhasil membuka usaha sendiri setelah mengikuti pelatihan-pelatihan yang diselenggaraka, Bahkan sejumlah lulusan ada yang menjadi PNS , P3K, Pegawai Swasta , Perangkat desa hingga pernah tercatat Menjadi Bupati .

Hadir dalam acara penyerahan Ijazah Pj Bupati Banjarnegara, Muhamad Masrofi memberikan semangat kepada para lulusan agar terus semangat belajar dan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi .

" semua jangan khawatir tentang status kesetaraan yang tertulis dalam ijazah tersebut. Karena Pemerintah Indonesia secara resmi mengakui bahwa ijazah kesetaraan yang bapak ibu peroleh hari ini akan berlaku dan diperlakukan sama dengan ijazah dari sekolah formal lainnya, Bahkan bapak ibu yang lulus dari KEJAR PAKET dapat melanjutkan ke sekolah formal maupun perguruan tinggi negeri. " Jelas Pj Bupati Banjarnegara.

Kegiatan penyerahan ijazah ini juga di isi dengan acara sungkeman dan membasuh kaki orang tua sebagai ungkapan rasa syukur, ucapan terima kasih sekaligus mohon doa dari orang tua. Tak sedikit peserta yang hadir tak kuasa menahan air mata karena merasa terharu .