Cut Off BOS Tanggal 31 Oktober 2019

Menjelang cut off BOS tanggal 31 Oktober 2019, kami sampaikan hal-hal sebagai berikut :

1.  Dalam rangka untuk meningkatkan kualitas data Dapodik, Setditjen Dikdasmen melakukan pembersihan/cleansing data khususnya untuk data siswa berganda. Data sekolah yang terindikasi memiliki siswa ganda beserta data individu siswanya untuk segera dilakukan verifikasi dengan mekanisme :

a. Sekolah melakukan sinkronisasi atau jika diperlukan melakukan install ulang Aplikasi Dapodikdasmen;

b. Untuk data siswa yang berganda dalam satu sekolah, maka setelah sinkronisasi data salah satu siswa yang berganda akan terhapus;

c. Untuk data siswa yang berganda antar sekolah, maka setelah sinkronisasi kedua data siswa akan dikeluarkan dari aplikasi Dapodik di kedua sekolah dengan status keluar Mutasi dan alasan keluar Terdeteksi Siswa Berganda pada sub-menu PD Keluar;

d. Selanjutnya sekolah yang mengklaim bahwa siswa yang datanya berganda tersebut adalah benar siswa di sekolahnya dan bermaksud untuk memasukkan kembali ke aplikasi Dapodiknya maka sekolah dapat menghubungi admin Dapodik Dinas untuk melakukan pembatalan siswa keluar dengan membawa dokumen raport.

2.  Data siswa ganda sebagaimana dimaksud pada point a bisa diunduh di lampiran.

3.  Selanjutnya untuk menghindari kembali terulangnya data siswa berganda, maka sekolah untuk melakukan dan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

a. Jika ada siswa yang mutasi ke sekolah lain, maka segera lakukan proses mutasi pada Aplikasi Dapodikdasmen dengan cara mengeluarkan dari rombelnya dan melakukan mutasi melalui menu Registrasi siswa kemudian lakukan sinkronisasi.

b. Cetak Surat Keterangan Mutasi dari Manajemen Dapodikdasmen (https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/) sebagai keterangan dan pengantar siswa yang mutasi tersebut untuk diserahkan kepada sekolah tujuan.

c. Kepala sekolah untuk berperan aktif dengan turun langsung melakukan pengecekan akurasi data Dapodik dengan melibatkan seluruh stakeholder di sekolah (wakasek, guru, walikelas, operator dapodik).

d. Kepala Sekolah untuk memeriksa Pakta Integritas/SPTJM dari aplikasi Dapodik untuk kemudian mengesahkannya.

4.  Sekolah untuk mengecek kesesuaian data Dapodik yang sudah dikirim di link https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ dengan login menggunakan akun operator sekolah.

5.  Untuk peserta didik mutasi yang belum dikeluarkan dari sekolah asalnya bisa menghubungi admin LPMP melalui link https://www.ult.lpmpjateng.go.id/masuk_user dengan sign in menggunakan akun Google+ untuk mengeluarkan data tersebut.

 

Lampiran :

surat pemberitahuan bisa diunduh disini

daftar sekolah terindikasi terdapat siswa berganda bisa diunduh disini