SIMPAK-GURU KABUPATEN BANJARNEGARA SIAP DI-ONLINE-KAN AKHIR 2016

Sebagai SKPD yang memberikan pelayanan bidang pendidikan, Dindikpora kabupaten Banjarnegara terus melakukan inovasi dalam sistem pelayanan. Salah satunya inovasi pelayanan dalam proses penerbitan Penetapan Angka Kredit (PAK) bagi guru. Sebagaimana kita ketahui, sejak diberlakukannya PERMENEGPAN&RB Nomor 16 Tahun 2009 yang implementasinya dimulai 1 Januari 2013, guru dituntut mampu mengumpulkan angka kredit yang disyaratkan.

Regulasi tersebut, berimplikasi pada bertambahnya beban kerja Dindikpora, khususnya pada Bidang PTK yang setiap akhir tahun harus mampu meberikan layanan penerbitan PAK bagi seluruh guru PNS pada semua jenjang yang jumlahnya mencapai 5.747 0rang. Setiap tahun guru wajib membuat DUPAK  (Daftar Usul Penetapan Angka Kredit) dan pada umumnya masih banyak guru yang mengalami kesulitan sehingga kadang-kadang mengganggu waktu mengajar.

Untuk memudahkan guru dalam mengusulkan angka kredit dan mempercepat proses pelayanan Penetapan Angka Kredit tersebut, mulai akhir tahun 2016 ini untuk PAK Tahun 2016 akan digunakan SIMPAK-GURU (Sistem Informasi Manajemen Penetapan Angka Kredit Guru) yang berbasis On-line. Dengan sistem ini diharapkan guru memperoleh kemudahan sehingga tidak ada lagi guru meninggalkan pembelajaran karena mengurus angka kredit. Di sisi lain, proses PAK juga dapat dilakukan dengan cepat karena proses entry data langsung dilakukan oleh user sehingga Tim Sekertariat dapat dengan cepat memvalidasi data dan bukti dukung serta mendistribusi kepada Tim Penilai. Semua dilakukan dengan sistem aplikasi dan berbasis online.

Memang masih ada bukti fisik yang perlu dikirim dalam bentuk print out, yaitu bukti Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Namun, bukti fisik ini dikirim setelah pengusul melakukan proses usulannya secara online.

 

mau masuk sekarang: simpak-guru.dindikbna.info